Menu
in ,

Contoh Questionnaire Survey: Kunci Sukses dalam Mengumpulkan Data

Halo, kamu! Apakah kamu sedang mencari informasi mengenai contoh questionnaire survey? Jika iya, kamu berada di tempat yang tepat. Artikel ini akan membahas contoh questionnaire survey yang dapat membantu kamu merancang survei yang efektif dan efisien. Yuk, simak pembahasannya!

Mengenal Questionnaire Survey

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai contoh questionnaire survey, ada baiknya kita mengenal lebih dalam apa itu questionnaire survey. Questionnaire survey adalah serangkaian pertanyaan tertulis yang disusun dengan tujuan untuk mengumpulkan informasi dari responden. Questionnaire survey menjadi salah satu metode pengumpulan data yang populer karena mudah untuk diaplikasikan dan relatif murah.

Cara Merancang Questionnaire Survey yang Efektif

Dalam merancang questionnaire survey yang efektif, kamu harus memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  1. Menentukan tujuan survei: Langkah pertama dalam merancang questionnaire survey adalah menentukan tujuan dari survei. Tujuan ini akan membantu kamu merumuskan pertanyaan-pertanyaan yang sesuai dengan kebutuhan data.

  2. Memilih jenis pertanyaan: Dalam questionnaire survey, ada beberapa jenis pertanyaan yang bisa kamu gunakan, seperti pertanyaan terbuka, pertanyaan tertutup, skala likert, atau peringkat. Pilih jenis pertanyaan yang paling cocok dengan kebutuhan data kamu.

  3. Menggunakan bahasa yang mudah dipahami: Dalam menyusun pertanyaan, pastikan kamu menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh responden agar mereka tidak kesulitan dalam menjawab pertanyaan.

  4. Mengurutkan pertanyaan: Urutkan pertanyaan dalam questionnaire survey berdasarkan logika dan alur yang mudah dipahami oleh responden. Hal ini akan memudahkan mereka dalam menjawab pertanyaan sehingga meningkatkan kualitas data yang diperoleh.

  5. Membatasi jumlah pertanyaan: Jumlah pertanyaan yang terlalu banyak dalam questionnaire survey bisa menjenuhkan bagi responden. Pastikan kamu membatasi jumlah pertanyaan sesuai kebutuhan data.

Contoh Questionnaire Survey

Berikut adalah contoh questionnaire survey mengenai kepuasan pelanggan terhadap layanan produk:

  1. Siapa nama kamu? (Pertanyaan terbuka)
  2. Berapakah umur kamu? (Pertanyaan tertutup)
  3. Apakah kamu pernah menggunakan produk [nama produk]? (Pertanyaan tertutup: Ya/Tidak)
  4. Secara keseluruhan, seberapa puas kamu dengan produk [nama produk]? (Skala Likert: 1-5)
  5. Apa yang paling kamu sukai dari produk [nama produk]? (Pertanyaan terbuka)
  6. Apa yang perlu ditingkatkan dari produk [nama produk]? (Pertanyaan terbuka)
  7. Seberapa besar kemungkinan kamu merekomendasikan produk ini kepada teman atau keluarga? (Skala Likert: 1-5)

Kesimpulan

Dalam mengumpulkan data melalui questionnaire survey, penting bagi kamu untuk merancang survei yang efektif dan efisien. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merancang questionnaire survey adalah menentukan tujuan, memilih jenis pertanyaan, menggunakan bahasa yang mudah dipahami, mengurutkan pertanyaan, dan membatasi jumlah pertanyaan. Semoga contoh questionnaire survey yang telah kita bahas di atas dapat membantu kamu merancang survei yang sukses!

Written by admin

Leave a Reply

Exit mobile version