in

Investasi yang Menguntungkan Untuk Pemula

Investasi yang Menguntungkan
Source : Freepik

MONEYBLINK.COM – Buat kamu yang baru berani mencoba merasakan dunia Investasi yang Menguntungkan, prioritas utama pastilah investasi yang aman serta memberikan keuntungan.

Sebagai investor pendatang baru, berbagai pilihan investasi seperti saham, reksadana, dan deposito siap menanti.

Pertanyaannya, apakah kamu sudah mengetahui jenis investasi yang memiliki risiko rendah dan tips berinvestasi dengan aman bagi pemula?

Di artikel ini, kita akan membahas dua topik tersebut. Jadi, pastikan kamu membaca sampai selesai!

5 Jenis Investasi Aman dan Menguntungkan untuk Pendatang Baru

Investasi adalah cara yang sangat efektif untuk melipatgandakan uangmu bila kamu dapat mengelolanya dengan baik. Berikut adalah jenis-jenis investasi yang aman dan menguntungkan untukmu, ayo kita langsung bahas!

1. Investasi Emas

Emas adalah investasi yang aman dan menguntungkan pertama yang bisa kamu coba. Emas telah lama dikenal sebagai instrumen investasi populer di masyarakat. Ada beberapa cara untuk berinvestasi dalam emas, bisa dengan membeli emas murni atau perhiasan emas yang ditujukan untuk disimpan sebagai aset berharga. Saat ini, investasi emas sudah berkembang dalam berbagai bentuk, salah satunya dalam bentuk tabungan emas. Nilai investasi emas cenderung stabil dan risiko penurunan nilainya sangat rendah, menjadikannya pilihan yang aman dan menguntungkan bagi pemula.

2. Deposito

Deposito adalah bentuk investasi aman dan menguntungkan kedua. Berbeda dengan tabungan biasa, deposito adalah tabungan berjangka yang tidak dapat diambil sewaktu-waktu. Deposito adalah instrumen investasi jangka pendek, biasanya hingga 24 bulan. Bunga untuk investasi ini biasanya antara 2%-5%, cukup menjanjikan untuk investor pemula. Namun, perlu diingat bahwa ada pajak yang perlu dibayarkan untuk investasi deposito dan suku bunga bisa berubah sesuai acuan Bank Indonesia.

Baca Juga:  Teknik Day Trading yang Ampuh untuk Menguasai Pasar Cryptocurrency

3. Reksadana

Reksadana adalah salah satu investasi aman dan menguntungkan lainnya. Keuntungan berinvestasi reksadana adalah kamu tidak perlu khawatir karena ada Manajer Investasi yang akan membantu mengelola investasi reksadana tersebut. Beberapa jenis reksadana yang bisa kamu pilih antara lain: reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana saham, dan reksadana campuran.

4. Properti

Properti mungkin sudah tidak asing bagi sebagian besar orang. Investasi properti dianggap sangat menguntungkan karena nilainya yang terus meningkat serta risikonya yang minim. Properti juga bisa menjadi sumber pendapatan jika dikembangkan dengan baik.

5. Saham

Investasi saham adalah pilihan populer di kalangan masyarakat. Meski memiliki risiko lebih tinggi dibandingkan reksadana atau obligasi, keuntungan dari investasi saham bisa cukup besar. Namun, penting untuk memiliki tujuan yang jelas sebelum berinvestasi dalam saham.

Tips Investasi Aman dan Menguntungkan bagi Pemula

Setelah mengetahui berbagai jenis investasi yang aman dan menguntungkan, berikut beberapa tips investasi aman untuk pemula.

1. Pahami Konsep Investasi

Pertama, kamu harus memahami konsep investasi itu sendiri. Pelajari semua aspek penting dalam investasi, seperti keuntungan, risiko, dan hal-hal yang perlu diperhatikan saat berinvestasi.

2. Disiplin dalam Investasi

Dalam berinvestasi, disiplin sangat penting. Dengan disiplin, kamu akan lebih mudah menghadapi risiko dan bisa mengevaluasi investasi yang sedang kamu jalankan.

3. Punya Tujuan yang Jelas

Tentukan tujuan keuangan yang jelas untuk hidupmu atau keluargamu. Mengetahui manfaat investasi yang kamu jalankan dan memiliki timeline yang jelas akan membantu kamu mencapai tujuanmu.

Demikianlah pembahasan mengenai investasi yang aman dan menguntungkan bagi pemula. Semoga kamu mendapatkan pengetahuan yang baik sebelum terjun ke dunia investasi

Written by Bagus Fachri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

apa itu investasi P2P lending

Apa Itu Investasi P2P Lending? Temukan Jawabannya Disini!

Tips Sukses Di Usia Muda

Tips Sukses Di Usia Muda Ini Dia Rahasianya