in

Perbedaan Spot Dan Future Di Binance Ini Dia Perbedaannya

Perbedaan Spot Dan Future Di Binance
Source : Facebook

MONEYBLINK.COM – Binance adalah salah satu platform perdagangan kripto terbesar di dunia yang menawarkan berbagai layanan, termasuk Spot Trading dan Future Trading. Mengerti perbedaan antara Spot dan Future di Binance adalah langkah krusial dalam merencanakan strategi investasi Anda.

Artikel ini akan membantu Anda memahami kedua konsep tersebut dan menentukan mana yang paling cocok untuk Anda.

Spot Trading di Binance

1. Pengertian Spot Trading

Spot Trading adalah proses membeli atau menjual aset kripto secara langsung. Ini adalah metode paling umum dalam melakukan transaksi di platform perdagangan kripto.

2. Cara Kerja Spot Trading di Binance

Proses Transaksi

Dalam Spot Trading, Anda membeli atau menjual aset kripto pada harga pasar saat itu. Anda memiliki aset tersebut dan dapat menjualnya kapan saja.

Potensi Keuntungan dan Risiko

Keuntungan dari Spot Trading dapat diraih saat harga aset naik setelah pembelian. Namun, risikonya adalah jika harga aset turun, Anda mungkin mengalami kerugian.

3. Contoh Praktis Spot Trading di Binance

Misalnya, Anda membeli 1 Bitcoin (BTC) saat harganya Rp100 juta. Jika harga BTC naik menjadi Rp150 juta, Anda bisa menjualnya dan mendapatkan keuntungan.

Future Trading di Binance

Future Trading adalah jenis perdagangan yang melibatkan pembelian dan penjualan kontrak yang mewakili aset tertentu.

Kontrak ini mencakup kesepakatan untuk membeli atau menjual aset pada harga tertentu di masa depan.

Dalam konteks perdagangan kripto di Binance, aset tersebut biasanya adalah mata uang kripto seperti Bitcoin atau Ethereum.

Cara Kerja Future Trading di Binance

1. Proses Transaksi

Dalam Future Trading, Anda tidak membeli aset secara langsung, tetapi membeli atau menjual kontrak future aset tersebut.

Kontrak ini mencakup kesepakatan untuk membeli atau menjual aset pada waktu tertentu di masa depan dan pada harga tertentu.

2. Penggunaan Leverage

Salah satu fitur utama Future Trading adalah kemampuan untuk menggunakan leverage. Leverage adalah pinjaman yang Anda terima untuk memperbesar posisi perdagangan Anda.

Misalnya, dengan leverage 10x, Anda bisa memperdagangkan kontrak senilai 10 Bitcoin dengan hanya memiliki 1 Bitcoin.

Namun, leverage juga dapat meningkatkan risiko kerugian. Jika pasar bergerak melawan posisi Anda, kerugian yang Anda alami juga akan diperbesar sebanding dengan leverage yang Anda gunakan.

3. Potensi Keuntungan Dan Risiko

Keuntungan dalam Future Trading dapat diperoleh baik saat harga aset naik (jika Anda melakukan posisi long atau membeli) atau turun (jika Anda melakukan posisi short atau menjual).

Ini berarti Anda dapat menghasilkan keuntungan di pasar baik bullish maupun bearish.

Baca Juga:  Penyebab Limit Akulaku Turun yang Harus Pengguna Ketahui

Namun, risikonya juga lebih tinggi dibandingkan dengan Spot Trading.

Jika prediksi Anda tentang pergerakan harga salah, Anda bisa mengalami kerugian yang signifikan, terutama jika Anda menggunakan leverage.

Contoh Praktis Future Trading Di Binance

Misalnya, Anda membeli kontrak future Bitcoin di Binance dengan leverage 10x. Anda memprediksi bahwa harga Bitcoin akan naik.

Jika prediksi Anda benar dan harga Bitcoin naik sebesar 5%, maka keuntungan Anda akan menjadi 50% (5% x 10).

Namun, jika harga Bitcoin turun sebesar 5%, Anda akan mengalami kerugian sebesar 50%.

Perbandingan Spot Trading dan Future Trading di Binance

Memahami perbedaan antara Spot Trading dan Future Trading di Binance adalah penting bagi setiap trader. Keduanya menawarkan cara yang berbeda untuk berpartisipasi dalam pasar kripto dan masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri.

Proses Transaksi

Spot Trading dan Future Trading memiliki proses transaksi yang berbeda. Dalam Spot Trading, Anda membeli atau menjual aset kripto secara langsung.

Sebagai contoh, jika Anda membeli Bitcoin, Anda akan menerima Bitcoin tersebut di wallet Anda dan bisa menjualnya kapan saja.

Sebaliknya, dalam Future Trading, Anda membeli atau menjual kontrak yang mewakili aset kripto.

Anda tidak benar-benar memiliki aset tersebut, tetapi Anda memiliki hak untuk membeli atau menjual aset tersebut pada harga tertentu di masa depan.

Potensi Keuntungan dan Risiko

Spot Trading cenderung lebih stabil dan menawarkan risiko yang lebih rendah. Keuntungan dari Spot Trading diperoleh ketika harga aset naik setelah Anda membelinya.

Di sisi lain, Future Trading menawarkan potensi keuntungan yang lebih besar karena penggunaan leverage, namun juga datang dengan risiko yang lebih tinggi.

Anda bisa mendapatkan keuntungan baik ketika harga aset naik (jika Anda membeli kontrak) atau turun (jika Anda menjual kontrak).

Namun, jika prediksi Anda tentang pergerakan harga aset salah, Anda bisa mengalami kerugian yang signifikan.

Kebutuhan Modal

Dalam Spot Trading, Anda perlu memiliki jumlah uang penuh untuk membeli aset. Misalnya, jika Anda ingin membeli 1 Bitcoin dan harga Bitcoin adalah Rp100 juta, Anda perlu memiliki Rp100 juta.

Namun, dalam Future Trading, Anda hanya perlu sebagian kecil dari nilai kontrak sebagai margin. Jadi, Anda bisa membuka posisi yang lebih besar dengan modal yang lebih kecil.

Tingkat Kesulitan

Spot Trading umumnya lebih mudah dipahami dan lebih cocok untuk pemula atau trader yang mencari pendekatan yang lebih konservatif.

Sementara Future Trading membutuhkan pemahaman yang lebih baik tentang pasar dan strategi perdagangan, serta kemampuan untuk mengelola risiko dengan baik.

Kesimpulan

Spot Trading dan Future Trading di Binance menawarkan pendekatan yang berbeda dalam perdagangan kripto.

Spot Trading adalah pilihan yang baik untuk pemula dan mereka yang mencari pendekatan perdagangan yang lebih konservatif.

Di sisi lain, Future Trading mungkin lebih sesuai untuk trader yang berpengalaman dan mereka yang siap untuk mengambil risiko yang lebih besar demi potensi keuntungan yang lebih tinggi.

Written by Bagus Fachri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

aplikasi fintech syariah

Pengertian Aplikasi Fintech Syariah dan Fungsinya dalam Masyarakat

Aplikasi Trading Crypto Terbaik

Aplikasi Trading Crypto Terbaik Untuk Kamu Ketahui