in ,

Teknik Gampang untuk Menghitung ROI Investasi? Ikutin Cara Cerdas Ini!

Hayo kamu, yang lagi merasa investasi ini penting tapi kadang bingung cara menghitung untung ruginya. Di artikel kali ini, kita mau ngasih solusi gampang buat kamu agar lebih mengerti tentang perhitungan ROI (Return on Investment) investasi. Yuk, langsung simak aja deh daripada penasaran!

Apa sih ROI itu?

ROI atau Return on Investment, adalah ukuran yang digunakan untuk mengetahui seberapa efisien atau seberapa baik investasi yang kamu lakukan. Biasanya, ROI dihitung dengan mengambil keuntungan yang kamu dapatkan dari investasi terhadap modal awal yang kamu keluarkan. Semakin tinggi ROI, artinya semakin baik investasi tersebut untuk memberikan keuntungan bagi kamu.

Gimana cara gampang untuk menghitung ROI?

Nah, ini nih yang kamu tunggu-tunggu! Yuk, ketahui cara gampang untuk menghitung ROI investasimu.

  1. Pertama-tama, tentukan keuntungan investasi yang kamu dapatkan. Keuntungan investasi ini bisa dalam bentuk dividen, keuntungan dari harga jual suatu produk, atau peningkatan nilai aset. Dalam istilah anak muda nih, jadi seberapa cuan investasi kamu.
  2. Selanjutnya, hitung total modal investasi yang kamu keluarkan. Modal investasi ini termasuk seluruh dana dan biaya yang kamu keluarkan untuk membeli produk investasi tersebut.
  3. Langkah terakhir, bagi keuntungan investasimu dengan total modal investasi yang kamu keluarkan. Setelah itu, kalikan hasilnya dengan 100% untuk mendapatkan persentase ROI investasimu.

Nah, biar lebih gampang, kita kasih contohnya aja ya! Misalnya nih, kamu beli saham dengan modal 5 juta rupiah. Setelah setahun, saham kamu naik jadi 6 juta rupiah. Berarti, keuntungan investasimu adalah 6 juta – 5 juta = 1 juta rupiah. Nah, untuk menghitung ROI saham kamu, tinggal bagi keuntungan yang kamu dapatkan (1 juta) dengan modal awal (5 juta). Lalu, kali 100% deh. Jadi, ROI-nya adalah (1 juta/5 juta) x 100% = 20%.

Baca Juga:  Pengaruh Inflasi Terhadap Investasi: Apa yang Harus Kamu Ketahui?

Kesimpulan

Mengetahui teknik menghitung ROI investasi, sangat penting buat kamu yang ingin cermat dalam mempertimbangkan keuntungan yang kamu dapatkan dari investasi. Jadi, semakin tinggi persentase ROI yang kamu miliki, berarti semakin baik investasi tersebut untuk memberikan keuntungan buat kamu.

Ingat, investasi itu jangan asal-asalan, ya. Terapkan cara cerdas ini untuk menghitung ROI-mu, dan semoga investasi yang kamu lakukan selalu memberikan hasil yang maksimal! Keep up the good work, teman-teman!

Written by admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berinvestasi Itu Asyik! Yuk, Kenali Reksadana!

Ripple 101 : Apa itu Ripple dan Bagaimana Prospeknya di Masa Depan?